05. Siklus Menstruasi

Umumnya siklus menstruasi terjadi secara periodik setiap 28 hari (ada pula setiap 21 hari dan 30 hari) yaitu sebagai berikut : Pada hari 1 sampai hari ke-14 terjadi pertumbuhan dan perkembangan folikel primer yang dirangsang oleh hormon FSH. Pada saat tersebut sel oosit primer akan membelah dan menghasilkan ovum yang haploid. Saat folikel berkembang menjadi folikel de Graaf yang masak, folikel ini juga menghasilkan hormon estrogen yang merangsang keluarnya LH dari hipofisis. Estrogen yang keluar berfungsi merangsang perbaikan dinding uterus yaitu endometrium yang habis terkelupas waktu menstruasi, selain itu estrogen menghambat pembentukan FSH dan memerintahkan hipofisis menghasilkan LH yang berfungsi merangsang folikel de Graaf yang masak untuk mengadakan ovulasi yang terjadi pada hari ke-14, waktu di sekitar terjadinya ovulasi disebut fase estrus.

Selain itu, LH merangsang folikel yang telah kosong untuk berubah menjadi badan kuning (Corpus Luteum). Badan kuning menghasilkan hormon progesteron yang berfungsi mempertebal lapisan endometrium yang kaya dengan pembuluh darah untuk mempersiapkan datangnya embrio. Periode ini disebut fase luteal, selain itu progesteron juga berfungsi menghambat pembentukan FSH dan LH, akibatnya korpus luteum mengecil dan menghilang, pembentukan progesteron berhenti sehingga pemberian nutrisi kepada endometriam terhenti, endometrium menjadi mengering dan selanjutnya akan terkelupas dan terjadilah perdarahan (menstruasi) pada hari ke-28. Fase ini disebut fase perdarahan atau fase menstruasi. Oleh karena tidak ada progesteron, maka FSH mulai terbentuk lagi dan terjadilan proses oogenesis kembali.


hormones1

Gambar 1. Siklus Menstruasi


Siklus mentruasi ini melibatkan kompleks hipotalamus-hipofisis-ovarium.

fisio1

Gambar 2. Kompleks Hipotalamus-Hipofisis-Ovarium

Sistem hormonal yang mempengaruhi siklus menstruasi adalah:

1. FSH-RH (follicle stimulating hormone releasing hormone) yang dikeluarkan hipotalamus untuk merangsang hipofisis mengeluarkan FSH

2. LH-RH (luteinizing hormone releasing hormone) yang dikeluarkan hipotalamus untuk merangsang hipofisis mengeluarkan LH

3. PIH (prolactine inhibiting hormone) yang menghambat hipofisis untuk mengeluarkan prolaktin

fisio2Gambar 3. Siklus Hormonal


Pada tiap siklus dikenal 3 masa utama yaitu:

1. Masa menstruasi yang berlangsung selama 2-8 hari. Pada saat itu endometrium (selaput rahim) dilepaskan sehingga timbul perdarahan dan hormon-hormon ovarium berada dalam kadar paling rendah

2. Masa proliferasi dari berhenti darah menstruasi sampai hari ke-14. Setelah menstruasi berakhir, dimulailah fase proliferasi dimana terjadi pertumbuhan dari desidua fungsionalis untuk mempersiapkan rahim untuk perlekatan janin. Pada fase ini endometrium tumbuh kembali. Antara hari ke-12 sampai 14 dapat terjadi pelepasan sel telur dari indung telur (disebut ovulasi)

3. Masa sekresi. Masa sekresi adalah masa sesudah terjadinya ovulasi. Hormon progesteron dikeluarkan dan mempengaruhi pertumbuhan endometrium untuk membuat kondisi rahim siap untuk implantasi (perlekatan janin ke rahim)


Daur Menstruasi

untitled-12

Masa Subur

Masa subur adalah masa dimana akan terjadi kehamilan pada saat fertilisasi. Pada masa itulah, sel telur yang dihasilkan berada dalam keadaan siap untuk dibuahi.

untitled-21

Animasi

Siklus Menstruasi

42 responses to this post.

  1. Posted by aniska on April 21, 2009 at 8:31 am

    thanks ya mbak… tulisannya memudahkanku belajar

    Balas

  2. Posted by intanriani on Mei 5, 2009 at 10:22 am

    sama-sama
    silahkan kalo mw bertanya atau ngasi saran pasti diterima….

    Balas

  3. Posted by Wiwi on Mei 15, 2009 at 6:43 am

    1. apbila sudah 2 bulan tidak menstruasi, apkah itu berbahaya? tetpi bukan karna hamil.

    Balas

  4. Bu,pngen tny klu mislkn cwe yg menstruasiny gag lncar mislnya kdng 6bln bru haid bsa mnybbkan kmandulan gag?

    Balas

  5. Posted by senna syahrizal on Mei 19, 2009 at 9:21 am

    klo menstruasi itu,apa saja yang keluar? apa darah kotor aja?apa ada sel2 lain?
    trus menstruasi itu bertujuan apa?mksudnya ada manfaatnya gk?

    Balas

  6. Posted by Felli on Mei 19, 2009 at 12:36 pm

    1. gimana ya, kalau misalnya tidak ada sel telur yang lengket di dinding rahim apakah siklus menstruasi akan tetap terjadi ?
    2. apa yang menyebabkan tidak samanya periode rata-rata keluarnya haid ?

    Balas

  7. faktor apa saja yang menyebabkan siklus menstruasi terhenti?
    mengapa faktor tersebut bisa menyebabkan siklus menstuasi terhenti?

    Balas

  8. 1.bu,kenapa pada saat sebelum mens suka ada/banyak keputihan?
    2.&kalau terlalu banyak keputihan baik/buruk?kalau buruk penyakit apa yang ditimbulkan?

    Balas

  9. Posted by reza jh on Mei 21, 2009 at 4:04 am

    mengapa orang yang sedang menstruasi suka sakit…..trz obat2 datang bulan memiliki zat apa saja sehingga bisa mengurangi rasa nyeri?

    Balas

  10. 1.jika wkt menstrasi lbh dr 8 hr gmn?
    2. knp saat menstruasi ada yg mrsa skt, tp ada jg yg tdk…………….!

    Balas

  11. apabila sdang menstruasi dpt mlkkan hub intim?

    Balas

  12. Posted by Kurniawan Effendi on Mei 21, 2009 at 9:46 am

    mengapa pada Masa menstruasi hormon-hormon ovarium berada dalam kadar paling rendah??

    Balas

  13. Posted by fajar etika hardianti on Mei 21, 2009 at 1:16 pm

    ibu . kalo orng lg mens trz mlakukn hubungan intim bsa hamil ga??

    Balas

  14. Posted by Boni on Mei 23, 2009 at 5:42 am

    kenapa darah keluar dari vagina pada awal bulan pada animasi siklus menstruasi??

    Balas

  15. Posted by Raditya on Mei 23, 2009 at 5:45 am

    Kenapa orng yang lanjut usia tidak mengalami menstruasi??

    Balas

  16. ibu kalo menstruasi kan suka sakit, itu teh di dalam perutnya terjadi apa?

    Balas

  17. bu,kalau udah lama menstruasi tp gak teratur sampai 6 bulan gak mens,itu bisa menyebabkan kemandulam gak?atau dampak lainnya??

    Balas

  18. Posted by citra primala mukti on Mei 23, 2009 at 7:47 am

    1. Mengapa saat wanita menstruasi , mengeluarkan darah berwarna coklat ?

    Balas

  19. Posted by dian.r XI-IPA5 on Mei 23, 2009 at 7:54 am

    kalau bukan dalam masa subur apa sel telur juga siap untuk di buahi ?

    Balas

  20. Posted by Puspita Dewi on Mei 23, 2009 at 8:06 am

    kalo di usia 17 tahun,,,, tapi siklus menstruasinya blum lancar,,, apa tidak apa-apa??

    Balas

  21. Posted by yogi s on Mei 23, 2009 at 9:50 am

    bu kalu wanita tidak mengalami menstruasi apa itu artinya tidak subur lagi dan kalau wanita melebihi masa menstruasi itu disebut apa mens atau penyakit

    Balas

  22. apabila seorang wanita mengalami terlambatnya menstruasi , apakah hal itu masih bisa di katakan subur? dan mengapa hal itu dapat terjadi?

    Balas

  23. Posted by Avrilia Sanfitris on Mei 23, 2009 at 12:49 pm

    apa hubungannya kalau lagi stres/banyak pikiran siklus menstruasinya jd ke ganggu/gag bener??

    Balas

  24. 1. – Proses menstruasi biasanya berlangsung selama 2-8 hari., tetapi ada wanita yang mmengalami
    menstruasi lebih dari masa tersebut .misalnya berlangsung selama 2 minggu, faktor apa yang
    menyebabkan hal tersebut bisa terjadi??
    – Kapan masa Prolifersinya berlangsung??

    Balas

  25. 1. Mengapa pada masa subur,proses kehamilan lebih mudah terjadi dan sel telur lebih siap untuk
    dibuahi dari pada masa sebelum masa subur?
    2. Pada wanita yang mengandung, maka tidak terjadi proses menstruasi tetapi mengapa ada wanita
    yang hamil tetapi mengalami proses menstruasi? faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut
    dapat terjadi?

    Balas

  26. 1. – Proses menstruasi biasanya berlangsung selama 2-8 hari tetapi ada wanita yang mengalami
    menstruasi lebih dari masatersebut misalnya berlangsung selama 2 minggu faktor apa yang
    menyebabkan hal tersebut bisa terjadi
    – Kapan masa proliferasinya berlangsung//

    Balas

  27. Posted by Bryancini Segia Taruna on Mei 24, 2009 at 7:48 am

    Kenapa bila sedang menstruasi wanita tidak boleh tidur siang?

    Balas

  28. kalau mens kan normalnya 7hari,tapi kalau cuma 3 hari itu tanda2 ada penyakit atau ngga?

    Balas

  29. Posted by Lisiarini J Muhtari on Mei 24, 2009 at 8:42 am

    ibu, kalau sedang menstruasi, kenapa perempuan bisa sensitif ?

    Balas

  30. kenapa kalau wanita mens suka sakit?

    Balas

  31. Posted by nabilah on Mei 24, 2009 at 9:06 am

    pertanyaan:
    bagaimana cara menghilangkan rasa sakit pada saat menstruasi ?
    faktor apa saja yang menyebabkan siklus menstruasi bisa terlambat ?
    bagaimana jika seseorang kekurangan hormon estrogen dan progesteron ?

    Balas

  32. Posted by bieanca XI ipa5 on Mei 24, 2009 at 9:33 am

    -kenapa kalo lagi mens badan suka sakit2?

    Balas

  33. Posted by bieanca XI ipa5 on Mei 24, 2009 at 9:40 am

    -kenapa kalo men badan suka sakit2 dan ngerasa pegal2?
    -kenapa kalo mens datengnya suka ga teratur?
    -kenapa kalo mau mens payudarasuka terasa kencang dan sakit?

    Balas

  34. Posted by yoan desi wulandari on Mei 24, 2009 at 9:58 am

    bu kenapa mens suka ada yang tidak teratur, bahkan ada yng slama berbulan-bulan tidak mengalami menstruasai?
    knapa juga orang hamil ga mengalami menstruasi?

    Balas

  35. Posted by Wendi Albeta on Mei 24, 2009 at 11:55 am

    Bu Kalo Wanita Hamil Bisa Mengalami Menstruasi????
    Wanita Lanjut Usia Apakah Masih mengalami Menstruasi???

    Balas

    • Posted by nini on Oktober 7, 2009 at 4:28 am

      heiiii saudari,, wanita hamil gak bisa menstruasi karena hormon yang tadinya berperan dalam siklus menstruasi beralih fungsi menjadi hormon untuk kehAMILAn
      dan pada lansia tidak menstruasi lagi karena hormonnya tidak berfungsi lagi

      Balas

  36. Posted by sri yuningsih on Mei 24, 2009 at 12:16 pm

    bagaimana apabila masa menstruasi ini tidak terjadi secara teratur?

    Balas

  37. Posted by nurdiah on Mei 24, 2009 at 12:50 pm

    mengapa orang yang sudah selesai menstruasi bisa terkena kanker?

    Balas

  38. Posted by yoga purnama on Mei 24, 2009 at 12:57 pm

    Apa benar apabila sedang menstruasi, orang itu slalu ingin marah(sensitiv)? Apa ada hbungannya? Dan apa alasannya?

    Balas

  39. Posted by nungki on Mei 25, 2009 at 8:10 am

    kita mens kan sebulan sekali ..

    kalau misalnya ga rutin sebulan sekali kaya 2 bulan sekali gt atau 3 bulan sekali, itu kan berarti pematangan sel telurnya lambat ..

    itu bisa berubah ga??
    truss kalau misalnya tetep 2 atau 3 bulan sekali seterusnya gmn ??

    Balas

  40. Posted by andrianto on Mei 26, 2009 at 10:27 am

    bu , klau masa menstruasi dalam jangka waktu yang pendek itu berdampak negatife atau tdak ??

    Balas

  41. Posted by yohanes on Juni 1, 2009 at 10:03 am

    apakah sewaktu menstrulasi berhubungan badan berbahaya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: