06. Kehamilan Dan Persalinan

Kehamilan

fecunda2

Gambar 1. Fertilisasi

ANIMASI

Reproduksi manusia

Peristiwa fertilisasi terjadi di saat spermatozoa membuahi ovum di tuba fallopi. Hasil fertilisasi disebut zigot. Zigot membelah secara mitosis menjadi dua, empat, delapan, enam belas dan seterusnya. Pada saat 32 sel disebut morula. Kemudian morula berubah bentuk menjadi blastosit yaitu bola padat yang membentuk suatu rongga yang diisi oleh cairan yang dikelurkan oleh tuba fallopi. Rongga ini disebut blastosoel. Lapisan terluar blastosit disebut trofoblas merupakan dinding blastosit yang berfungsi untuk menyerap makanan dan merupakan calon tembuni atau ari-ari (plasenta), sedangkan masa di dalamnya disebut simpul embrio (embrionik knot) merupakan calon janin. Blastosit ini bergerak menuju uterus untuk mengadakan implantasi (perlekatan dengan dinding uterus).

embryo-morula

Gambar 2. Morula

blastocyst1

Gambar 3. Blastosit

Pada hari ke-4 atau ke-5 sesudah ovulasi, blastosit sampai di rongga uterus, hormon progesteron merangsang pertumbuhan uterus, dindingnya tebal, lunak, banyak mengandung pembuluh darah, serta mengeluarkan sekret seperti air susu (uterin milk) sebagai makanan embrio.

Enam hari setelah fertilisasi, trofoblas menempel pada dinding uterus (melakukan implantasi) dan melepaskan hormon korionik gonadotropin. Hormon ini melindungi kehamilan dengan cara menstrimulasi produksi hormon estrogen dan progesteron sehingga mencegah terjadinya menstruasi. Trofoblas kemudian menebal beberapa lapis, permukaannya berjonjot dengan tujuan memperluas daerah penyerapan makanan. Embrio telah kuat menempel setelah hari ke-12 dari fertilisasi.

viajemb

Gambar 4. Perkembangan zigot

Setelah terjadi implantasi, blastosit akan mengalami tahap perkembangan selanjutnya yaitu menjadi gastrula dan neurula. Selanjutnya zigot ini akan berkembang menjadi embrio.

32x1

Gambar 5. Gastrula

neurula1

Gambar 5. Neurula


Jika kehamilan terjadi di luar rahim maka kehamilan tersebut disebut kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan).

1.  Pembuatan Lapisan Lembaga

Setelah hari ke-12, tampak dua lapisan jaringan di sebelah luar disebut ektoderm, di sebelah dalam endoderm. Endoderm tumbuh ke dalam blastosoel membentuk bulatan penuh. Dengan demikian terbentuklah usus primitif dan kemudian terbentuk pula kantung kuning telur (Yolk Sac) yang membungkus kuning telur. Pada manusia, kantung ini tidak berguna, maka tidak berkembang, tetapi kantung ini sangat berguna pada hewan ovipar (bertelur), karena kantung ini berisi persediaan makanan bagi embrio.

Di antara lapisan ektoderm dan endoderm terbentuk lapisan mesoderm. Ketiga lapisan tersebut merupakan lapisan lembaga (Germ Layer). Semua bagian tubuh manusia akan dibentuk oleh ketiga lapisan tersebut. Ektoderm akan membentuk epidermis kulit dan sistem saraf, endoderm membentuk saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan, mesoderm membentuk antara lain rangka, otot, sistem peredaran darah, sistem ekskresi dan sistem reproduksi.

2.  Membran (Lapisan Embrio)

Terdapat 4 macam membran embrio, yaitu :

a.  Kantung Kuning Telur (Yolk Sac)

Kantung kuning telur merupakan pelebaran endodermis berisi persediaan makanan bagi hewan ovipar, pada manusia hanya terdapat sedikit dan tidak berguna.

b.  Amnion

Amnion merupakan kantung yang berisi cairan tempat embrio mengapung. Kantung amnion menghasilkan ciran amnion/air ketuban. Cairan amnion berfungsi melindungi janin dari tekanan atau benturan.

c.  Alantois

Alantois berfungsi sebagai organ respirasi dan pembuangan sisa metabolisme. Pada mammalia dan manusia, alantois merupakan kantung kecil dan masuk ke dalam jaringan tangkai badan, yaitu bagian yang akan berkembang menjadi tali pusat/tali ari-ari. Alantois mengandung pembuluh darah.

d.  Korion

Korion adalah dinding berjonjot yang terdiri dari mesoderm dan trofoblas. Jonjot korion menghilang pada hari ke-28, kecuali pada bagian tangkai badan, pada tangkai badan jonjot trofoblas masuk ke dalam daerah dinding uterus membentuk plasenta. Setelah semua membran dan plasenta terbentuk maka embrio disebut janin/fetus.

Janin Fetus

Gambar 6. Janin dan membran embrioniknya


3.  Plasenta

Plasenta berbentuk seperti cakram dengan garis tengah 20 cm, dan tebal 2,5 cm. Ukuran ini dicapai pada waktu bayi akan lahir, tetapi pada waktu hari ke 28 setelah fertilisasi plasenta berukuran kurang dari 1 mm. Plasenta berperan dalam pertukaran gas, makanan dan zat sisa antara ibu dan fetus. Pada sistem hubungan plasenta, darah ibu tidak pernah berhubungan dengan darah janin, meskipun begitu virus dan bakteri dapat melalui penghalang (barier) berupa jaringan ikat dan masuk ke dalam darah janin. Plasenta akan dilepaskan oleh rahim dan dikeluarkan segera setelah bayi dilahirkan.

Catatan : Makin tua kandungan, jumlah estrogen di dalam darah makin banyak, progesteron makin sedikit. Hal ini berhubungan dengan sifat estrogen yang merangsang uterus untuk berkontraksi, sedangkan progesteron mencegah kontraksi uterus. Hormon oksitosin yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis juga berperan dalam merangsang kontraksi uterus menjelang persalinan. Progesteron dan estrogen juga merangsang pertumbuhan kelenjar air susu, tetapi setelah kelahiran hormon prolaktin yang dihasilkan kelenjar hipofisislah yang merangsang produksi air susu.


Pada fase kehamilan , hormon-hormon yang berperan adalah:

  • Progesteron dan Estrogen

Hingga kehamilan bulan ke 3-4 hormon ini diproduksi oleh korpus luteum. Secara berangsur-angsur fungsi korpus luteum diganti oleh plasenta.

  • Prolaktin

Yakni hormon yang merangsang kerja kelenjar susu untuk memproduksi ASI, sehingga pada saat diperlukan siap berfungsi. Hormon ini juga mengatur metabolisme pada ibu, sehingga kebutuhan zat oleh tubuh ibu dapat dikurangi dan dialirkan ke janin. Hormon ini diproduksi oleh plasenta.

Persalinan

persalinan06a persalinan06b persalinan06c persalinan06d

Gambar 6. Kelahiran


Setelah tumbuh di dalam rahim lebih kurang selama 40 minggu, maka bayi dalam rahim sudah sempurna dan siap lahir. Hormon yang berperan dalam proses kelahiran antara lain:

  1. Hormon relaksin, mempengaruhi peregangan otot pada simfisis pubis.
  2. Hormon estrogen, berperan mengatasi pengaruh hormon progesteron yang menghambat kontraksi dinding rahim.
  3. Hormon prostaglandin, berperan mengatasi pengaruh hormon progesteron. Hormon ini diproduksi oleh semua sel.
  4. Oksitosin, berpengaruh pada kontraksi dinding uterus.

Topik-topik yang berkaitan dengan kehamilan antara lain:

o Hamil anggur

Hamil anggur dikenal sebagai mola hidatidosa adalah suatu kehamilan di luar rahim. Di dalam rahim tidak ditemukan janin, melainkan jaringan berbentuk gelembung-gelembung seperti buah anggur yang berisi cairan. Perkembangan hamil anggur lebih pesat, rahim terlalu cepat membesar tidak sesuai dengan umur kehamilan. Perdarahan merupakan gejala utama mola, seperti penderita dengan abortus immineans (keguguran). Sifat perdarahan bisa intermitte, sedikit-sedikit atau sekaligus banyak sehingga menyebabkan syok atau kematian. Gejala ini sering pula disertai dengan gejala menyerupai preeklampsia seperti nyeri kepala, gangguan penglihatan,dll.

mola-komplit

Gambar 7. Hamil anggur (mola)

o Kembar

Kembar dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

1. Kembar non identik (fraternal twins), terjadi bila 2 atau 3 ovum diovulasikan sekaligus, misalnya karena kadar FSH dan LH yang tinggi. Masing-masing zigot tersebut akan berkembang menjadi individu yang berbeda. Individu ini memiliki latar belakang genetis yang berbeda karena berasal dari ovum dan sperma yang berlainan. Mereka dapt berjenis kelamin sama atau berbeda.

2. Kembar identik, terjadi bila oleh suatu sebab morula terpecah menjadi dua dan masing-masing berkembang menjadi satu individu. Kembar identik ini sama dalam segala hal baik jenis kelamin, raut muka, sifat, dsb karena berasal dari satu ovum dan satu sperma.

anak-kembar-tak-seiras

Gambar 8. Kembar identik


3. Kembar siam

Kembar siam adalah keadaan anak kembar yang tubuh keduanya bersatu. Hal ini terjadi apabila zigot dari bayi kembar identik gagal terpisah secara sempurna. Kemunculan kasus kembar siam diperkirakan adalah satu dalam 200.000 kelahiran. Yang bisa bertahan hidup berkisar antara 5% dan 25%.

ahmed

Gambar 9. Kembar siam


o Bayi tabung (eksternal human fertilization)

Bayi tabung ialah suatu teknik penghamilan yang dilakukan di luar tubuh ibu. Teknik ini dilakukan misalnya pada kasus dimana ibu tidak dapat hamil karena kedua tuba falopiinya tersumbat.

o Transfer embrio (rahim sewaan)

Hal ini dilakukan misalnya pada kasus seorang ibu tidak memiliki rahim tapi memiliki ovum yang baik. Ibu tersebut dapat mentransfer morula miliknya (sebagai donor) ke rahim orang lain sebagai resipien untuk dibesarkan sampai dilahirkan.

Untuk lebih memahami materi ini, dapat diperoleh informasi dari animasi di bawah ini:

ANIMASI

Fertilisasi

37 responses to this post.

  1. Posted by Wiwi on Mei 15, 2009 at 6:56 am

    apa penyebab hamil anggur?

    Balas

  2. Posted by avrilia sanfitris on Mei 18, 2009 at 10:13 am

    Apa yang menyebabkan terjadinya hamil anggur??
    dan mengapa perkembangan hamil anggur lebih pesat dari pada hamil yang biasa???

    Balas

  3. Posted by senna syahrizal on Mei 19, 2009 at 9:37 am

    1.klo lhir kembar siam itu karna apa?
    2.apa yang menyebabkan keguguran?

    Balas

  4. apakah efek bagi anak yang dilahirkan melalui proses bayi tabung?

    Balas

  5. apa yang dimaksud usus primitif?

    Balas

  6. Posted by reza jh on Mei 21, 2009 at 4:25 am

    bu saya pernah melihat di tv ibu yang melahirkan anak dalam air,apakah gpp?

    Balas

  7. apa sebab hamil d luar kandungan ?

    Balas

  8. Posted by fajar etika hardianti on Mei 21, 2009 at 1:29 pm

    ibu faktor apa saja yang menyebabkan bayi terlahir cacat ? apa faktor genetik mempengaruhi?
    ibu emangnya kita bisa tau iya kalo bayi yg di kandung itu jenis kelaminnya apa . tapi blm di USG . diliat dari bentuk perutnya kalo gak sala kalo perutnya gede ke depan berarti anakny perempuan kalo ke bawah berarti laki.laki

    Balas

  9. Posted by Boni on Mei 23, 2009 at 5:54 am

    jika saat proses persalinan kaki janin keluar duluan apakah itu akan ada kelainan pada si janin??

    Balas

  10. Posted by Raditya on Mei 23, 2009 at 5:57 am

    apakah ada, janin dalam rahim yang tidak mengalami pertumbuhan, jika ada apa penyebabnya??

    Balas

  11. ibu, kalo misalnya pada saat hamil ketuban pecah, tapi masih ada bayi di dalamnya berumur 7/6 bln, bisa keguguran ga?

    Balas

  12. bu dngar2 ada cara melahirkan dengan disedot atau vakum,itu teh bisa menggangu kesehatan atau saraf2 sibayi ga??

    Balas

  13. Posted by Puspita Dewi on Mei 23, 2009 at 7:07 am

    kalo bayi tabung itu proses pembuahan’ya di dalam rahim atau gmana?

    Balas

  14. Posted by citra primala mukti on Mei 23, 2009 at 7:56 am

    1. Bayi dalam kandungan makan tidak ? bila makan , makan apakah dia ? ?

    Balas

  15. Posted by dian.r XI-IPA5 on Mei 23, 2009 at 8:07 am

    apa yang menyebabkan hamil di luar kandungan? dan apa tanda-tanda kalau hamil di luar kandungan?

    Balas

  16. Posted by Felli on Mei 23, 2009 at 12:40 pm

    1.mengapa jika seorang ibu yang di pasang KB dibagian tubuhnya tidak bisa mengandung, sedangkan KB tersebut tidak ada hubungannya dengan organ2 dalam.?jelaskan.

    Balas

  17. apakah pada seorang ibu (wanita) yang melahirkan anak kembar, akan memiliki sel telur lebih dari 2 pasang????

    Balas

  18. Posted by Avrilia Sanfitris on Mei 23, 2009 at 2:07 pm

    kalau bayi tabung dgn bayi normal perkembangan dan daya tahan tubuhnya sama gga??

    Balas

  19. 1.Zat apa yang terkandung di dalam nanas sehingga jika ibu yang sedang hamil jika mengkonsumsi
    nanas terlalu berlebihan bisaa menyebabkan keguguran?

    Balas

  20. 1.Mengapa kantung kuning telur pada manusia hanya terdapat sedikit dan tidak berguna??

    Balas

  21. Posted by kurniawan on Mei 24, 2009 at 7:09 am

    Hal-hal apa saja yg menybabkan harus dilakukannya oprasi caesar,????

    Balas

  22. Posted by Bryancini Segia Taruna on Mei 24, 2009 at 8:18 am

    Jenis bakteri dan virus apa yang sering menyerang/mengganggu pada saat proses fertilisasi?

    Balas

  23. kalau kita hamil tapi kita ngga tau lagi hamil terus minum obat berpengaruh ngga sama kehamilan kita?

    Balas

  24. Posted by Lisiarini J Muhtari on Mei 24, 2009 at 8:48 am

    ibu kalo misanya ada orang yang mempunyai kelamin dua, kemudian dia operasi kelamin menjadi laki-laki, apakah orang itu ada kemungkinan untuk hamil setelah di operasi kelamin ???

    Balas

  25. kenapa wanita hamil suka ngidam?

    Balas

  26. Posted by nabilah on Mei 24, 2009 at 9:57 am

    pertanyaan :
    mengapa pada saat hamil , seorang wanita tidak mengalami siklus menstruasi lagi ?
    apa sebenarnya air ketuban itu ? dan apa fungsinya pada persalinan ?

    Balas

  27. Posted by bieanca XI ipa5 on Mei 24, 2009 at 10:04 am

    -bi, di animasi dari fertilasi, kan ada banyak sperma yang masuk.. tapi kenapa cuma 1sperma yang ngebuahin?yang lainya kemana?
    -kenapa kalo orang lagi hamil,kalo jatuh bisa keguguran?
    -bu, kan ada prempuan kan tiap bulannya mens?tapi kenapa dia bisa mandul? apa ada hubungannya sama tuba fallopi ya tersumbat?terus kenapa tuba falopi bisa tersumbat

    Balas

  28. Posted by yoan desi wulandari on Mei 24, 2009 at 10:44 am

    bu ada ga caranya buat ngehindari kembar siam?atau cacat pada bayi..

    Balas

  29. Posted by bieanca XI ipa5 on Mei 24, 2009 at 12:00 pm

    -kenapa sesudah melahirkan, kan biasanya payudara selalu memproduksi ASI.. tapi ada orang yang ga ngeluarin ASI..itu kenapa,apa ada kelainan?

    Balas

  30. Posted by Wendi on Mei 24, 2009 at 12:16 pm

    Apa Penyebab Hamil Anggur???apakah Dapat Diobati??
    Apa Kehamilan Dini Dapat Menyebabkan Kematian Atau Suatu PenyakiT????

    Balas

  31. Posted by sri yuningsih on Mei 24, 2009 at 12:31 pm

    mengapa bisa terjadi hamil anggur,,,apa yang menyebabkannya?

    Balas

  32. Posted by sri yuningsih on Mei 24, 2009 at 12:39 pm

    mengapa pada manusia kantung kuning telur hanya terdapat sedikit dan tidak berguna ?

    Balas

  33. Posted by nurdiah andhika efriani on Mei 24, 2009 at 12:46 pm

    apabila melahirkan melebihi batas waktu,,,apkah berbahaya?

    Balas

  34. Posted by nurdiah andhika efriani on Mei 24, 2009 at 12:48 pm

    mengapa orang hamil makan daging kambing bisa menyebabkan keguguran ?

    Balas

  35. Posted by yoga purnama on Mei 24, 2009 at 12:52 pm

    Di Gambar 6(Janin dan membran embrioniknya), trlihat bayinya seperti sedang minum. Apakah didalam kandungan bayi juga minum?

    Balas

  36. Posted by nungki on Mei 25, 2009 at 7:57 am

    bayi yang ada di dalam perut kan kepalanya di bawah..
    kalau misalnya kepalanya diatas gmn?

    truss bisa ga ngelahirinnya secara normal ?

    Balas

  37. Posted by andrianto on Mei 26, 2009 at 10:29 am

    bu kalau misalnya di dalam tubuh perempuan ada kanker rahim , perempuan itu bisa hamil tidak ??

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: